Jumat, 22 Oktober 2010

intermezzo sistem bilangan

ah, uda lama gag posting.. hahaha..
mau share2 lagi lah.. buat temen2ku yang mungkin lupa atau pengen belajar lagi tentang ilmu nubi informatika.. hehehe...

sekarang belajar sistem bilangan aja yuk! mumpung masih inget (anget2 tai semut baru diajari dosen)
oke, kalau ada pertanyaan, "Buat apa seh sistem bilangan itu?" aku sendiri juga gatau buat apaan.. :hammer
tapi yang pasti membantu buat ntar mau belajar subnetting(??) atau mungkin mau itung2 yang berbau informatika(??)
yang pasti ilmu dasar ini kerasa penting kalau ntar mau belajar lebih dalam di bidang ini.

jah, malah kebanyakan omong. langsung pada topik yak!



sistem bilangan... apa itu?
mulai kita belajar itung2 jari aja kita uda diajari tentang bilangan kan? manusia normal(???) menggunakan sistem bilangan desimal. ada filosofi yang mengatakan manusia menggunakan sistem bilangan desimal (basis 10) karena jari manusia ada 10. Maka dari itu kita mengenal angka 0-9. iya gag se? maaf ya kalau salah.. kan cuma share.. hehe..


oke lanjut,,,
di jaman sekarang kita telah mengenal komputer. kita tau kegunaan dasar komputer adalah untuk menghitung (compute) dan permasalahannya disini adalah, bagaimana cara komputer memahami cara berhitung manusia sementara komputer (perangkat elektronik) hanya mengerti dua kondisi yaitu nyala (ada tegangan) dan mati (gag ada tegangan).
karena tidak mungkin komputer yang memahami manusia, maka manusialah yang harus memahami komputer (lho??)
setelah itu dibuatlah sistem bilangan basis dua (biner) yang akan menjembatani manusia dan mesin. Bilangan basis dua ini hanya mengenal angka 1 dan 0.
Mengapa harus basis dua?? karena itu tadi, mesin (komputer) hanya mengenal dua kondisi yaitu nyala (bernilai 1) dan mati (bernilai 0)

dalam perjalanannya sistem bilangan digital akhirnya mengenal sistem bilangan basis 8 (oktal) dan sistem bilangan heksadesimal.
jujur aku belum ngerti juga ntar penggunaan oktal dan heksa ini gimana. tapi setauku kombinasi dua sistem bilangan ini menjadi dasar standar pembuatan karakter menggunakan code ascii.

penggunaan heksa juga biasa kita temukan di software aplikasi pengolah grafis pada saat pemilihan warna. biasa kita temua kode warna #ffffff (dua bit heksa pertama untuk warna merah, dua bit berikutnya hijau, dua bit terakhir biru) maka dari itu model warna pada tampilan komputer biasanya RGB (red green blue) -->> kok malah bahas warna ya?? ckck..

segini dulu aja ya.. lagi males nerusin. kapan2 aku update lagi masalah konversi dan kawan-kawannya..

terima kasih sudah membaca..
ditunggu komentar, cacian, kritikan, makanan, jajanan (lhoo??)

Tidak ada komentar: